Jumat, 06 Oktober 2023

Anggota Dewan Zaman Dulu Benar-benar Refresentasi Perwakilan Rakyat


“Orang-orang yang direkrut masuk dalam kelompok kerja itulah yang berfungsi sebagai wakil rakyat dan menjalankan fungsi kerajaan. Kelompok kerja itu dibentuk untuk mempertahankan eksistensi kerajaan atau negara. Orang-orang yang direkrut masuk dalam zaken grupen itu adalah tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh, jadi mereka memang benar-benar refresentasi perwakilan rakyat,” kata Daeng Tompo’.

 

------

PEDOMAN KARYA

Jumat, 06 Oktober 2023

 

Obrolan Daeng Tompo’ dan Daeng Nappa’:

 

Anggota Dewan Zaman Dulu Benar-benar Refresentasi Perwakilan Rakyat

 

“Banyakmi lagi poster, spanduk, dan baliho caleg bertebaran di jalan-jalan,” kata Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ saat jalan bareng seusai shalat magrib berjamaah di masjid.

“Di pohon-pohon juga banyak poster caleg,” timpal Daeng Tompo’ sambil tersenyum.

“Kalau diperhatikan, sekarang banyak caleg yang umurnya masih muda. Sepertinya mereka belum ada pengalaman apa-apa. Malah ada yang kayaknya masih kuliah tapi sudah berani maju jadi caleg,” kata Daeng Nappa’.

“Mungkin karena orangtuanya pejabat atau orang kaya,” kata Daeng Tompo’.

“Kalau mereka lolos jadi legislator, wadduh, rendahnya itu kualitas wakil rakyat kita, karena diisi oleh orang-orang yang belum punya pengalaman apa-apa, tidak dikenal oleh masyarakat, dan bukan tokoh atau orang yang berpengaruh di tengah masyarakat,” kata Daeng Nappa’.

“Saya pernah ngobrol-ngobrol dengan seorang profesor dan beliau juga seorang budayawan. Beliau menceritakan bahwa pada zaman dulu, memang tidak ada partai politik, tetapi ada pengelompokan-pengelompokan semacam kelompok kerja, yang dalam bahasa Belanda disebut zaken grupen atau kelompok kerja. Zaken grupen ini dibentuk oleh raja,” tutur Daeng Tompo’.

“Untuk apa itu dibentuk oleh raja?” tanya Daeng Nappa’.

“Orang-orang yang direkrut masuk dalam kelompok kerja itulah yang berfungsi sebagai wakil rakyat dan menjalankan fungsi kerajaan. Kelompok kerja itu dibentuk untuk mempertahankan eksistensi kerajaan atau negara. Orang-orang yang direkrut masuk dalam zaken grupen itu adalah tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh, jadi mereka memang benar-benar refresentasi perwakilan rakyat,” kata Daeng Tompo’.

“Aturan atau syarat untuk jadi calon legislator sekarang ini seharusnya dibuat seketat mungkin. Tidak boleh sembarang orang bisa maju caleg. Dia harus benar-benar orang kompeten, sudah punya banyak pengalaman, minimal berijazah sarjana, dan harus mendapat rekomendasi dari beberapa organisasi kemasyarakatan, sehingga mereka memang benar-benar pantas menjadi wakil rakyat,” kata Daeng Nappa’.

“Seharusnya memang begitu, tapi yang bikin aturan kan, yah para legislator yang di parlemen itu, maka mereka tentu tidak mau menjebak dirinya dengan aturan yang ketat,” kata Daeng Tompo’ sambil tertawa, sementara Daeng Nappa’ hanya diam membisu. (asnawin)

 

Jumat, 06 Oktober 2023


Tidak ada komentar:

Posting Komentar